:::: MENU ::::

Tutorial Membangun Aplikasi Berita Client-Server untuk Smartphone Android dengan Intel XDK (Bagian 1. Menyiapkan Folder Kerja)

Pada artikel ini akan dibahas pembuatan aplikasi berita berbasis android dengan HTML 5 dan Javascript menggunakan tool Intel XDK. Aplikasi yang dibangun menerapkan mekanisme client – server, dimana aplikasi client dijalankan pada smartphone android sedangkan server digunakan untuk penyimpanan data berita dan memberikan layanan pengambilan berita oleh client.

Untuk memberikan gambaran apa yang dimaksud dengan aplikasi berita dapat dilihat pada gambar 1. Gambar tersebut menunjukkan tampilan aplikasi berita populer di tanah air. Dengan aplikasi tersebut dengan mudah kita mengikuti berita-berita terkini tanpa membuka websitenya langsung dengan komputer. Selain itu dalam aplikasi tersebut telah disediakan pula fitur navigasi yang mengkategorikan berita menurut jenisnya, misalnya: politik, teknologi, olahraga, dan lain-lain.

Contoh Aplikasi Berita untuk Smartphone Android

Gambar 1. Contoh Aplikasi Berita untuk Smartphone Android

Kembali lagi tujuan semula, dalam artikel ini akan dibahas bagaimana membangun aplikasi tersebut secara bertahap menggunakan software Intel XDK, MySQL, Apache Server, dan PHP. Untuk mengikuti tutorial ini diperlukan software sebagai berikut:

  • Intel XDK sebagai tool utama dalam pembuatan aplikasi mobile Android
  • XAMPP software gabungan yang terdiri dari Apache sebagai manajemen web, MySql untuk manajemen database, PHP dan Python sebagai script untuk pembuatan aplikasi berbasis web.
  • Notepad++ berperan untuk text editor.

Persiapan Folder Kerja

Sebelumnya kita siapkan terlebih dahulu folder kerja untuk penyimpanan file aplikasi server dan gambar.

  • Buka windows explorer, kemudian klik folder local disc(C:) > xampp > htdocs. Gambar 2 menunjukkan folder htdocs yang terpilih.
Folder htdocs

Gambar 2. Folder htdocs

  • Selanjutnya di posisi folder htdocs klik kanan mouse lalu pilih new > folder. Beri nama folder baru dengan “berita”, akhiri dengan tekan enter. Gambar 3 menunjukkan pembuatan folder baru.
Pembuatan Folder Baru

Gambar 3. Pembuatan Folder Baru

  • Dengan cara yang sama ulangi untuk membuat sub folder baru dengan nama “apiberita” dan “gambarberita” di dalam folder berita seperti ditunjukkan oleh gambar 4. Dimana subfolder “apiberita” untuk penyimpanan file-file php dan subfolder “gambarberita” untuk penyimpanan file-file gambar berita.
Pembuatan Folder Baru

Gambar 4. Pembuatan Folder Baru

Setelah seleseai membuat folder kerja, tahap berikutnya membuat database beserta tabel-tabelnya.

(bersambung ke bagian 2)


So, what do you think ?

You must be logged in to post a comment.

Skip to toolbar